Sukses di Acara Perdana, Bold Riders Luwuk Banggai Targetkan Berkurban Lebih Banyak Tahun Depan –

 

 BANGGAI – Sebanyak 30 komunitas motor di Luwuk dan Ampana yang tergabung dalam Bold Riders Palu Chapter Luwuk Banggai berkurban 7 kambing dalam Idul Adha 1442 H. Mereka sangat bersemangat untuk melakukan kegiatan yang baru kali pertama diselenggarakan dengan berkolaborasi.

Di Luwuk, 14 komunitas motor (SSFC Pengda Luwuk, HBLC, Matic Brothers Luwuk, Sonic Rider Club Luwuk, KNC, YNCI Luwuk, ACI Luwuk, CCI Luwuk, FOI Luwuk, CVC Luwuk, XYI Luwuk, IEA Luwuk, MOC Luwuk, dan King Peace Luwuk Banggai) menyumbang 4 ekor kambing ke Masjid Al Hisab di Desa Poboti, Kecamatan Luwuk Timur. Sementara di Ampana, 16 klub motor yang terdiri dari SSFC Ampana, JBI Touna, KNC Ampana, FOI Ampana, FCSP Ampana, Vijam Ampana, CB Anak Negri, Garbet, MXRC, YM3CA, YVC-I, PMJ, MBA, AVICC, YR14, dan Daeng Bro memotong sendiri 3 ekor kambing di secretariat JBI Touna.

Eko Ruswanto, selaku Koordinator Bold Riders Palu Chapter Luwuk Banggai mengatakan kegiatan kurban di Luwuk menghasilkan 48 paket daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu dengan rumah nonpermanen. Di Ampana, berhasil terkumpul 31 kantong daging kurban yang selanjutnya disalurkan ke masyarakat kurang mampu di sekitar lokasi penyembelihan secara door to door

“Antusiasme teman-teman Bold Riders untuk mengikuti kegiatan kurban ini sangat tinggi. Mereka sangat bersemangat. Bahkan, mereka sudah menyiapkan rencana untuk kurban tahun depan mulai dari sekarang dengan target bisa menyumbang lebih banyak lagi hewan kurban,” kata Eko, Senin (26/7/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’

Program sosial ini melibatkan sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.